Umur Jessica Kumala Wongso, Saat Divonis Sebagai Pelaku Kasus Kopi Sianida! Baru Ulang Tahun ke 35 Tahun

 

Umur Jessica Kumala Wongso, Saat Divonis Sebagai Pelaku Kasus Kopi Sianida! Baru Ulang Tahun ke 35 Tahun


Berapa umur Jessica Kumala Wongso saat divonis sebagai pelaku kasus kopi sianida, saat dipenjara dan umur saat keliar dari penjara?


Diketahui umur Jessica Kumala Wongso saat ini adalah 35 tahun, tepat di tanggal 9 Oktober 2023.


Berselang 7 tahun, kasus  Ice Cold Murder Coffee and Jessica Wongso yang terjadi pada tahun 2016, maka umur Jessica Kumala Wongso saat divonis masih dibawah 30 tahun.


Sudah 7 tahun, akan tetapi kasus Ice Cold Murder Coffee ini kembali viral dan masih dipenuhi misteri dan tanda tanya mengenai apakah benar Jessica Wongso benar benar pelaku pembunuhan terhadap Mirna Salihin.


Tak sedikit juga warganet yang sangsi bahwa Jessica Wongso adalah dalang dan pelaku pembunuhan Mirna Salihin, terlebih jika melihat film dokumenter  Ice Cold Murder Coffee and Jessica Wongso.


Terlebih, sosok ayah Mirna Salihin yang kurang membuat warganet bersimpati, tak sedikit warganet yang mengaitkannya dengan mengaitkannya pada asuransi.


Seperti apa sebenarnya sosok Jessica Wongso yang dituding sebagai pelaku pembunuhan terhadap Mirna Salihin? 


Sekilas Perjalanan Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso dan Mirna Salihin


Kasus kopi sianida bermula dari peristiwa pada tanggal 6 Januari 2016, ketika itu Wayan Mirna Salihin umur 27 tahun, meninggal dunia usai minum es kopi Vietnam di Olivier Cafe, Grand Indonesia, Jakarta Pusat. 


Saat kejadian, Mirna diketahui sedang berkumpul bersama kedua temannya, Hanie serta Jessica Kumala Wongso.


Sampai saat ini Jessica Kumala Wongso masih menjalani masa penahanan, sebagai terpidana kasus pembunuhan berencana terhadap Wayan Mirna Salihin, dia dipenjara di Lapas Kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur.


-Pada 30 Januari 2016 Jessica Wongso dinyatakan sebagai tersangka


-Pada 20 Oktober 2016. sidangnya terkait kematian Mirna Salihin digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.


-Putusan akhir 27 Oktober 2016 Majelis hakim menjatuhkan pidana penjara terhadap Jessica Wongso selama 20 tahun a atas dakwaan pembunuhan berencana tingkat I.


-Pihak Jessica kemudian mengajukan banding pada 7 Maret 2017. Namun, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta mengeluarkan putusan bernomor 393/PID/2016/PT.DKI Tahun 2017 yang menguatkan vonis 20 tahun yang dijatuhkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.


- Pihak Jessica mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) setelah permohonan bandingnya ditolak oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Namun, permohonan kasasi Jessica dengan nomor register 498K/Pid/2017 juga ditolak oleh MA.


Perjuangan Orang Tua Jessica Wongso


Terungkap dalam film “Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso” tentang bagaimana perjuangan orang tua Jessica Wongso untuk membebaskan anaknya dari tudingan sebagai pelaku pembunuhan.


Film ini menggambarkan detail kasus misterius kematian Mirna Salihin yang terjadi di sebuah kafe di Jakarta, yang diduga disebabkan oleh minuman kopi yang terkontaminasi sianida. Kasus ini terjadi 7 tahun namun masih menyisakan banyak tanda tanya publik.


Otto hasibuan pengacara Jessica Wongso dalam tayangan di TV One bersama Karni Ilyas sampai hari ini tidak percaya jika kliennya adalah sebagai pelakunya. Netizen bahkan menuntut agar kasus Kopi Sianida untuk ditinjau kembali


Publik menilai jika sejak dari peristiwa, persidangan hingga vonis hakim sudah ada penggiringan opini jika Jessica Kumala Wongso adalah pelakunya.


Dalam film dokumenter "Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso" terdapat tayangan eksklusif tentang wawancara dengan Jessica Wongso, keluarga Mirna, pengacara Jessica, sayangnya sesi keterangan Jessica tiba tiba terhenti, pihak berwenang menolak untuk wawancara Jessica. Penolakan semakin membuat masyarakat Indonesia kepo.


Berikut biodata, profil umur Jessica Kumala Wongso

Memiliki nama lengkap Jessica Kumala Wongso, dia anak bungsu dari pasangan Imelda Wongso dan Winardi Wongso, seorang pengusaha di bidang onderdil sepeda di Jakarta.


Tempat dan tanggal lahir Jakarta tanggal 9 Oktober 1988, umur Jessica Kumala Wongso saat ini 35 tahun agama Jessica dan keluarganya adalah Buddha.


Umur Jessica Kumala Wongso masih tergolong muda, ia juga memiliki latar belakang pendidikan yang baik.


Jessica Kumala Wongso menyelesaikan pendidikannya di Jubilee School Jakarta dan melanjutkan ke Billy Blue College of Design Sydney, Australia, di mana ia bertemu dengan Mirna Salihin.


Dalam pengakuan Jessica Kumala Wongso adalah teman Mirna karena pernah bertemu Mirna Salihin di Australia pada 2008, Jessica bertemu dengan Mirna Salihin di Australia saat sekolah di Perguruan Tinggi.


Setelah lulus, Jessica tinggal dan bekerja di Australia dan Mirna memilih kembali ke Indonesia.


Keduanya bertemu kembali pada 12 Desember 2016 di sebuah kafe di Jakarta. Saat itu, Mirna didampingi oleh suaminya, Arief Sumarko.


Namun, pertemuan itu berakhir tragis dengan kematian Mirna setelah minum kopi, yang diduga dicampur dengan racun sianida.


Dan Jessica Wongso dijadikan tersangka karena dia yang memesan minuman untuk Mirna dan tiba lebih awal di kafe


Pemeriksaan dilakukan terhadap Hanny temannya yang ikut datang ke kafe, termasuk ayah Mirna, Darmawan Salihin, pembantu rumah tangga Jessica, suami Mirna, Arief Soemarko, serta saudara kembar Mirna.


Meski ada penolakan terhadap tanpa wawancara Jessica oleh pihak terkait, Film dokumenter kisah kasus Kopi Sianida dokumenter ini memperlihatkan sikap yang berimbang.


Kedua belah pihak diberi kesempatan sama untuk menyampaikan perspektifnya. Dari pihak Mirna, ayahnya, Edi Darmawan Salihin, tegas menyatakan bahwa Jessica adalah pembunuh Mirna.


Di sisi Jessica Kumala Wongso, dokumenter menampilkan sosok Otto Hasibuan dan tim pengacara, orang tua yang meyakini bahwa Jessica bukanlah pelaku pembunuhan dalam Kasus Kopi Sianida. 


Semakin banyak orang yang meragukan keputusan ini setelah persidangan dimulai karena kejanggalan-kejanggalan dalam kasus ini.


Jessica Wongso tahun ini sudah berusia 35 dan dia sudah menjalani hukuman penjara selama 7 tahun, diperkirakan Jessica Wongso tersangkut kasus Kopi Sianida bebas saat sudah berusia 48 tahun waktu yang sangat panjang untuk menebusnya kesalahannya. ***

Comments