Yeonmi Park, Aktivis HAM dan Penulis Korea Utara

Wajah cantiknya mungkin akan membuat kalian berpikir bahwa dia adalah salah satu bintang K-Pop terbaru, atau pemain drama yang sedang naik daun. Dan, kalian salah besar!
Yeonmi Park, gadis 21 tahun ini adalah seorang pembelot yang berhasil keluar dari Korea Utara. Dari penampilannya yang tak kalah dengan idola Korea Selatan itu, siapa yang menyangka bahwa kehidupan dan masa-masa berat telah dilalui dalam hidupnya. Kabur dari Korea Utara, Pergi ke China, Mogolia, menyebrangi gurun Gobi, hingga kini ia tinggal di Korea Selatan. Perjuangannya menjadi salah satu bukti nyata bahwa kediktatoran di Korea Utara tak pandang bulu. 
Jika remaja seusianya di Korea Selatan sedang asik-asiknya menonton boy band kesayangan mereka tampil atau drama favorit mereka tayang, Yeonmi dan teman seusianya di Korea Utara justru melihat adegan pembantaian yang seolah menghantui mereka, membuat masa-masa remaja mereka kelam.
Saat ini Yeonmi Park menjadi aktivis HAM, reporter, dan juga penulis, ia menyuarakan perjuangannya untuk Korea Utara, untuk hak yang harus didapatkan oleh warga Korea Utara yang hidup dibawah tekanan seorang diktator. Dalam beberapa kesempatan Yeonmi pun menceritakan bagaimana perjuangannya, bagaimana saat-saat terberatnya membuat ia sadar bahwa tidak ada yang peduli padanya, hingga akhirnya ia bisa hidup normal hingga saat ini dan menceritakannya kepada dunia, dan berharap bahwa dunia akan memiliki kepedulian untuk Korea Utara. Untuk mendukung hal itu, Yeonmi pun menulis sebuah buku berjudul In Order to Live: A North Korean Girl's Journey to Freedom.

Masa Kecil Yeonmi Park dan Keluarga di Korea Utara

Aktifis HAM, Yeonmi Park
Yeonmi Park, Aktifis HAM

Masa Kini Yeonmi Park yang menjadi aktivis HAM dan berbicara di berbagai forum anak muda untuk meningkatkan kesadaran mereka akan isu HAM dan apa yang sebenarnya terjadi di Korea Utara.
Yeonmi Park, Aktifis HAM

Yeonmi Park, Aktifis HAM

Yeonmi Park, Aktifis HAM

Yeonmi Park, Aktifis HAM


Video Yeonmi Park yang memperoleh kunjungan banyak di youtube




Comments

  1. Menyambut Datangnya Tahun Baru Imlek 2019, Bolavita Sebagai Situs Permainan Keberuntungan Online Terpercaya Di indonesia Akan Mengadakan Event Bagi" Angpao Spesial Bagi Para Member Bolavita..

    Syarat Yang Berlaku, Mari Kunjungi www(.)bolavita(.)site >> Untuk Info Lebih Lanjut :) BBM : BOLAVITA
    WA : +628122222995

    ReplyDelete

Post a Comment