Cara Unik Menghemat Biaya Pernikahan

Pernikahan adalah satu moment sakral yang dinanti-nantikan setiap pasangan kekasih. Namun pernikahan selalu diidentikan dengan acara pesta yang memakan budget tidak sedikit. Padahal pada dasarnya sebuah pernikahan adalah mengenai peresmian sebuah hubungan melalui catatan sipil, dan juga pengikraran janji setia yang dilakukan sesuai dengan agama dan kepercayaan si pengantin. Cukup sederhana bukan, dan akhirnya kalian berdua sah menjadi sepasang suami dan istri. 
Tapi tak cukup sampai disitu, karena ada acara resepsi yang dilakukan pasca pengikatan janji suci itu, dan acara resepsi itu tak lebih dari sebuah acara perayaan, dimana keluarga ingin memberitahukan kabar gembira mengenai pernikahan kepada khalayak, dan kerabat semuanya.
Jika di dalam Islam, maka Rosul menyarankan agar kita wajib memberitahukan kerabat, kawan, dan tetangga yang kita kenal mengenai pernikahan kita, dan Rosul juga memberitahu agar melaksanakannya perayan yang sesederhana mungkin. Tapi kenyataannya bukanlah begitu, lebih banyak masyarakat di Indonesia khususnya melaksanakan perayaan pernikahan semeriah mungkin. Karena disitulah tingkat sosial mereka diperhitungkan. 
Jika hal itu yang terjadi, maka terang saja biaya pernikahan menjadi satu kendala yang dirasa berat untuk seseorang melangsungkan pernikahan yang suci. Lantas, apa solusianya untuk kalian yang ingin melaksanakan pernikahan dengan biaya yang minim?
Berikut cara unik menghemat biaya pernikahan, namun pernikahan tetap berjalan dengan penuh kesan.

Tempat Pernikahan
Di Indonesia mungkin masih jarang pelaksanaan pesta penikahan di luar ruangan, berbeda dengan budaya di luar negeri yang sudah biasa melangsungkan pesta pernikahan di luar ruangan. Jadi, kamu boleh sekali keluar dari tradisi. Cobalah untuk melobby keluargamu dan laksanakan pesta pernikahanmu di luar ruangan. Karena jelas ini akan mengurangi biaya sewa gedung dan juga sewa tenda. Kamu cukup memilih lapangan atau halaman resort yang luas untuk melangsungkan pesta pernikahanmu, melakukan sedikit dekorasi tanpa mengurangi kesan natural yang akan dihasilkan oleh lapangan atau halaman kebun yang telah kamu sewa. Yups, ini adalah konsep pesta kebun yang akan memberikan kesan ketimbang kamu menikah di dalam gedung atau hotel yang mewah dan itu sudah biasa

Pernikahan, Cinta, Psikologi, Hubungan

Catering Pernikahan
Makanan menjadi satu hal yang sangat penting, karena apalagi yang diharapkan setiap tamu yang datang ke sebuah pesta selain jamuannya. Dan jika jamuan ini mengecewakan, pasti si tamu tak akan henti-hentinya menggerutu sampai pulang ke rumah, atau malah mungkin mereka akan menceritakannya pada orang lain. Okey! Mari kita siapkan jamuan pesta yang enak dan tidak mengurasi budget. 
Cara menghemat yang baik tanpa mengurangi kualitas makanan adalah dengan menghadirkan makanan-makanan dari pedagang langgananmu. Maksudnya disini adalah, kamu tidak perlu menyewa satu catering khusus pernikahan, karena mereka akan menghargainya per porsi yang kamu pesan, dengan lauk yang standar-standar saja. Tapi cobalah untuk memesan dari masing-masing pedagang langsung, semisalnya untuk siomay, ice cream, bakso, sate kamu bisa memesan pada pedagang langgananmu saja, dan dijamin kamu akan mendapatkan potongan harga. Selain itu, pedagang-pedagang itu juga bisa langsung buka lapak di pesta pernikahan kamu, dan memberikan pelayanan yang baik, tentunya semuanya sudah free untuk tamu-tamumu. Cara borongan ini tentu akan membuat senang pedagang langgananmu, karena di hari itu juga mereka akan laris manis. Sedangkan untuk makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya, kamu bisa memesan pada catering yang kamu kenal, tak harus khusus catering pernikahan, bisa gunakan jasa teman atau tetanggamu yang masakannya memang terkenal enak dan tidak mengecewakan.
pernikahan, cinta, psikologi, hubungan, keuangan

Gaun Pernikahan
Keindahan gaun pengantin tentu akan menjadi satu pusat perhatian tersendiri bagi para tamu undangan. Tapi gaun yang indah nggak harus yang harganya mahal loh, dan gaun pernikahan disini bisa kamu sewa saja di bridal, tapi jika kamu cukup idealis dengan ingin membelinya sendiri, maka cobalah untuk membeli gaun pengantin yang harganya wajar dan bahannya nyaman dikenakan. Karena tak jarang pengantin wanita khususnya, ingin mengenakan gaun pengantin yang mewah dan glamor, namun tidak nyaman dipakai, terlebih harganya tidak logis. 
pernikahan, cinta, psikologi, hubungan, keuangan

Souvenir Pernikahan
Souvenir ini sebenarnya penting tidak penting ya, karena selama pengalaman saya pergi ke pesta pernikahan, dan mendapatkan souvenir tidak terlalu berkesan meski harganya jika diakumulasi bisa memakan budget yang tidak sedikit. Nah, untuk mensiasatinya, cobalah berikan souvenir yang lebih berkesan dan berguna. Semisalnya, karena tema pernikahanmu adalah pesta kebun, cobalah memberikan souvenir bibit tanaman, bisa bibit biji atau pohonnya yang masih kecil. Dengan membawa bibit tanaman itu pulang, maka tamu undanganmu akan mencoba menanamnya di rumah dan jika bibit itu tumbuh dengan baik, maka mereka akan mengingatmu selalu.
cinta, pernikahan, hubungan, psikologi, keuangan

Comments

  1. Replies
    1. kalo diitung-itung nggak kok sis, semisal harga rata-rata satu pack bibit 20-25 ribu, nah dalam satu pack itu isinya sekitar 1500-1700 bibit. Nah kalo setiap kantong souvenir bibit itu kita isi 20 bibit, maka kita sudah punya 80 buah souvenir kurang lebihnya...hhehe hemat kan :)

      Delete
  2. Menyambut Datangnya Tahun Baru Imlek 2019, Bolavita Sebagai Situs Permainan Keberuntungan Online Terpercaya Di indonesia Akan Mengadakan Event Bagi" Angpao Spesial Bagi Para Member Bolavita..

    Syarat Yang Berlaku, Mari Kunjungi www(.)bolavita(.)site >> Untuk Info Lebih Lanjut :) BBM : BOLAVITA
    WA : +628122222995

    ReplyDelete

Post a Comment