Rencana Keuangan Wajib Setelah Usia 20 Tahun

Aku tidak memiliki tabungan, tetapi aku juga tidak memiliki keinginan.
Aku tidak tahu denganmu, tetapi aku selalu menikmati hidupku. Aku senang berwisata kuliner, membeli baju dengan trend terbaru yang kadang kala tidak kubutuhkan dan menghabiskan uang bersama teman-temanku di malam minggu.
Sangat mengerikan jika itu masih terjadi pada usia di atas 20 tahun. Perlu kamu tahu girls, ada beragam prioritas keuangan yang harus kamu mengerti dan kamu lakukan saat usiamu sudah di atas 20 tahun. Di usia ini kamu sudah harus mempersiapkan masa depanmu, tidak ketergantungan secara finansial kepada orang lain, dan mampu hidup secara mandiri, terlebih jika masa study mu sudah selesai. Berikut ini tips agar keadaan finansialmu sehat saat berusia di atas 20 tahun.

1. Biasakan Menabung

Menabung itu sebuah kebiasaan yang bisa dilakukan sejak usia kanak-kanak, jadi jangan menunggu usia di atas 20 tahun untuk memulai menabung. Tapi jika ini sudah terjadi dan kamu baru sadar dengan betapa pentingnya menabung, ya sudah. Biasakan mulai saat ini untuk menabung, dan rasakan bagaimana menyenangkannya saat kau melihat saldo rekeningmu yang terus bertambah.

2. Terapkan Gaya Hidup Yang Sesuai Kebutuhan

Banyak dari kita yang berpikir bahwa segala hal yang kita inginkan adalah kita butuhkan. Padahal belum tentu segala yang kita inginkan adalah kita butuhkan. Jangan pernah berfoya-foya dan menghamburkan uang hanya untuk hal yang tidak kita butuhkan dalam hidup kita.

3. Prioritaskan Hal Yang Dibutuhkan

Untuk mengeliminasi pemborosan karena kita tidak bisa membeda-bedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Cobalah untuk membuat skala prioritas, bagaimana skala itu akan menjadi satu acuan agar kita dapat mengurangi pengeluaran yang tidak berguna.

4. Milikilah Dana Khusus Untuk Keadaan Mendadak

Kehidupan tak selamanya berjalan dengan mulus. Jadi sangat mungkin terjadi hal yang kadang-kadang di luar dugaanmu dan membutuhkan pengeluaran yang juga tidak terduga dan darurat. Jadi kamu harus memiliki dana dadakan ini, terlebih saat usiamu sudah di atas 20 tahun dan kamu sudah bekerja, sangat memalukan jika kamu masih meminta uang kepada orang tua untuk menangani kebutuhan mendadakmu ini.

5. Buatlah Planning Masa Depan

Setiap manusia pasti ingin tercukupi segala kebutuhan pokoknya, rumah, sandang, pangan, pendidikan, dll. Begitu juga denganmu, kelak kamu ingin memiliki keluarga, memiliki hunian yang layak, dapat mencukupi kebutuhan ekonomi dan pendidikan anak-anakmu. Di usia ini kamu sudah harus memiliki perencanaan yang baik tentang masa depanmu.

6. Sisihkan 10 % Pendapatanmu

Untuk mendukung kebiasaan menabung, cobalah untuk konsisten menyisihkan 10% dari pendapatanmu setiap bulan. Atau jikalau kamu adalah seorang pebisnis, cobalah untuk menyisihkan 10% dari laba yang kau dapat untuk ditabung.


Comments

  1. Artikel yang sangat membantu. thank you banget loh sharing ini artikel.
    Perkembanga dunia finansial sekarang lewat teknologi, biar pada melek coba pelajari yang namanya fintech (financial technology) seperti yang ada di artikel ini ni :
    prospek peer to peer lending

    ReplyDelete

Post a Comment