Lima Langkah Memulai Bisnis Dengan Modal Minimalis

Lima Langkah Memulai Bisnis Dengan Modal Minimalis - Punya modal minim untuk memulai bisnis, bukan berarti kamu tak memiliki pilihan lain untuk memulai kesuksesanmu. Ada banyak hal yang sangat mungkin untuk memulai sebuah bisnis, meskipun kamu memiliki modal yang cukup kecil. Karena meskipun modal adalah hal yang cukup vital, namun kombinasi antara keterampilan, bakat, dan kemampuanmu dalam memasarkan bisnismu dengan baik, maka apa yang tidak mungkin.
Chris Guillebeau, seorang penulis The $100 Startup mengatakan bahwa kesuksesan dalam sebuah bisnis sangat didukung oleh ketertarikanmu dalam bisnis itu, dan ketertarikan yang didukung dengan kemampuan yang baik pasti akan mendukung hal lainnya yang akan mengantarkanmu pada kesuksesan.
Berikut bisa kalian simak delapan hal yang harus dilakukan untuk memulai bisnis dengan modal minim.
1. Buatlah Suatu Produk
Yups, membuat sebuah produk sendiri pasti akan menyedot budget yang minim dibandingkan kamu harus membeli dan menyetok produk dari orang lain. Hal ini bisa dilakukan untuk kalian yang punya kreativitas lebih dan juga keuletan. Misalnya saja kalian bisa membuat produk olahan makanan yang pasti jika laku akan mendatangkan rupiah yang besarnya hingga 2 kali lipat dari modal yang dikeluarkan, atau pun kalian bisa membuat produk seni handmade yang sekarang ini cukup banyak diminati.
2. Jadilah Reseller
Jadilah reseller, ini adalah pilihan yang baik jika kamu tidak mampu membuat produk sendiri. Karena reseller hanya memasarkan dan menjual kembali, tanpa kita harus membeli atau menyetok produk yang akan dijual. Untuk saat ini kesempatan menjadi reseller sangat dibuka oleh para pemilik produk, karena reseller juga sangat membantu proses pemasaran produk.
3. Penyedia Jasa
Satu langkah bisnis yang bisa dilakukan jika kamu memiliki modal yang minim. Menjadi penyedia jasa atas kemampuanmu adalah satu pilihan yang tepat. Semisalnya saja, kamu adalah orang yang ahli dalam bidang keuangan, maka kamu bisa memulai sebuah bisnis jasa konsultan keuangan. Atau jika kamu adalah seorang yang memiliki kemampuan dalam bidang marketing, maka kamu bisa membuka bisnis konsultan marketing dan segenap jasa nya.
4. Melakukan Barter
Memang tidak mudah untuk memulai sebuah bisnis dengan modal yang minim. Namun bukan berarti tak mungkin untuk dilakukan. Kamu bisa memulai bisnis minim modalmu dengan melakukan pertukaran jasa dan apa yang kamu butuhkan. Jadi semisalnya saja kamu adalah seorang yang ahli dalam pembuatan website, dan saat ini kamu sedang membutuhkan sebuah laptop keluaran terbaru dari merk A. Solusinya adalah, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan website untuk perusahaan merk A, dengan imbalan jasa sebuah laptop dari merk A yang sedang kamu butuhkan. 
Itu adalah salah satu bisnis minim modal yang juga akan membantu pemasaran jasamu.

5. Jalankan Bisnismu Melalui Situs Pekerjaan
Jika kamu ingin memulai bisnis minim modalmu, kamu bisa melakukannya melalui situs online seperti Sribulancer atau pun Goban. Di situs itu, kamu bisa langsung memasang keahlianmu dan mempublikasikannya kepada mereka yang memang sedang membutuhkan jasa sesuai dengan kriteriamu. Jadi si pengguna jasa akan menghubungimu melalui situs tersebut dan kamu akan mendapatkan bayaran sesuai dengan harga yang telah disepakati. Atau sebaliknya, setelah membuat portofolio kamu bisa langsung mencari klien di situs itu dan menawarkan jasa yang sesuai dengan harapan mereka.

That’s it, ada kan peluang memulai bisnis dengan modal yang minimalis. Kamu bisa segera memulainya dan raihlah suksesmu guys.

Comments