Hal-Hal Aneh Yang Terjadi Ketika Anda Sedang Jatuh Cinta

Apa kamu pernah jatuh cinta? Apakah kamu percaya pada takdir dan kebahagian sampai selamanya? Nasib atau takdir mungkin tidak bisa dinilai dengan ilmu pengetahuan, sebuah rasa cinta dan ketertarikan terjadi karena reaksi kimia yang berlangsung di dalam otak kita. Astro Ulagam melakukan riset dan mengumpulkan beberapa hal aneh yang terjadi pada manusia yang terjadi ketika manusia jatuh cinta.

1. Gejolak Hormon

Ketika 2 orang manusia jatuh cinta setengah mati, pusat kebahagiaan di dalam otak diaktifkan, dan menyebabkan pelepasan beberapa senyawa kimia yang dikenal sebagai oksitosin, dopamin, adrenalin, dan vasopresin. Senyawa kimia ini secara langsung akan bertanggung jawab memunculkan kegembiraan, peningkatan denyut jantung, kurang nafsu makan, dan juga sulit tidur. Jadi wajar jika kamu sedang jatuh cinta, waktu tidurmu akan sedikit terganggu karena kamu memikirkan di dia, alih-alih insomnia, ternyata ini semua dipengaruhi oleh gejolak hormon yang tak terkendali.

2. Nada Suara Berubah

Menurut sebuah penelitian, nada suara wanita akan cenderung menurun ketika mereka sedang tertarik dengan seseorang, sedangkan pria akan meningkatkan pria penuh semangat. Pasangan juga cenderung meniru satu sama lain sebagai cara untuk menunjukkan kasih sayang dan untuk menggambarkan rasa cinta terhadap satu sama lain.


3. Cengar-cengir Saat Sendirian

Disadari atau tidak kadang kalau sedang jatuh cinta pasti kamu akan lebih banyak tersenyum. Bahkan mungkin kamu cengar-cengir sendiri ketika mendengar lagu tertentu yang memiliki arti. Atau bahkan ketika kamu memikirkan orang yang kamu cintai kamu akan tersenyum lebih dari biasanya karena semua hormon bahagia yang mengalir dalam tubuhmu saat jatuh cinta.


4. Gagal Fokus

Orang-orang yang sedang jatuh cinta akan mudah sekali gagal fokus dan kurang mampu melakukan tugas yang memerlukan perhatian. Penelitian lain telah menunjukkan bahwa hal itu terjadi karena kamu menghabiskan sejumlah besar kemampuan mentalmu untuk berpikir tentang pasanganmu tercinta.


5. Berjalan Pelan-pelan

Sekali lagi, para peneliti telah menyimpulkan bahwa pria menyesuaikan kecepatan berjalan mereka untuk mencocokkan kecepatan berjalan pasangan mereka.


6. Menyamakan Denyut Jantung

Ketika pasangan yang sedang jatuh cinta saling melihat ke dalam mata masing-masing selama lebih dari 3 menit, detak jantung mereka akan melakukan sinkronisasi satu sama lain. Hal ini karena senyawa kimia di otak yang dikenal sebagai phenylethylamine sedang bereaksi.


7. Obat Sakit Mujarab

Jatuh cinta memiliki efek begitu luar biasa, jadi hanya dengan melihat foto orang yang dicintai dapat membantu mengurangi rasa sakit. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di antara orang-orang yang mengalami sakit, mereka ditunjukkan foto orang yang dicintai dan rasa sakit mereka berangsur-angsur berkurang secara signifikan. Selanjutnya, berpelukan antara pasangan juga membantu dalam mengurangi sakit kepala. Hal ini terjadi karena hormon Oksitosin, dengan berpelukan akan membantu mengurangi sakit kepala, stres dan perasaan kelelahan.


8. Cinta Mampu Menyakiti


Kehilangan seseorang yang istimewa terbukti akan menimbulkan rasa sakit fisik yang benar-benar nyata di hati seseorang. Kondisi kehidupan nyata ini dikenal sebagai sindrom broken heart dan selanjutnya dapat menyebabkan gejala seperti nyeri dada, sesak, dan menangis.

Comments