Belajar Tentang Arti Kesetiaan dari Para Abdi Dalem Keraton Yogyakarta

Tak ada sebuah sistem yang berjalan hanya dengan satu bagian, karena sistem adalah satu kesatuan yang dinamis dan selalu saling melengkapi. Hal itulah yang dapat kita lihat dari sosok abdi dalem di Keraton Yogyakarta khususnya. Meski saat ini pandangan masyarakat awan, terlebih mereka yang bukan warga Yogyakarta, melihat sosok abdi dalem bukanlah sesuatu yang penting. Bahkan abdi dalem dipandang sebelah mata, hanya dianggap sebagai pesuruh di keraton, atau bahkan hal lain yang “merendahkan”. Terlebih saat kita sadar bahwa jaman sudah semakin maju, modernisasi terjadi di seluruh belahan negeri dan lapisan masyarakat. Sedangkan saat melihat ke Yogyakarta, kita masih melihat abdi dalem yang setia mengabdi untuk keraton. Mereka senantiasa berpikir bahwa jika bukan mereka yang menghidupkan keraton, maka siapa lagi.
Pakaian yang dikenakan seorang abdi dalem membawa filosofi yang sarat makna. Photo by Gadispagi.
Dan kenyataannya, abdi dalem adalah satu bagian penting dari sistem budaya yang ada di keraton. Bukan hal mudah pula menjadi seorang abdi dalem, karena perlu kesetiaan dan loyalitas tinggi untuk dapat menjalani perannya dengan baik. Bagaimana tidak, seleksinya tidaklah mudah, bahkan mereka harus rela tidak mendapatkan honor saat magang awal menjadi abdi dalem. Jadi tak heran jika bagi masyarakat Yogyakarta yang masih menjunjung tinggi kearifan lokal dan budaya yang ada, menjadi seorang abdi dalem adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Abdi dalem sendiri tak lain merupakan suatu bentuk pengabdian. Abdi dalem selalu berperan sebagai abdining kanjeng sinuwun atau abdinya Sultan. Pengabdian terhadap Sultan ini adalah salah satu representasi kesetiaan kepada penguasa alam.
Kita lihat saja di Yogyakarta. Kita tahu Yogyakarta adalah satu provinsi di Indonesia yang sarat dengan kearifan lokal, budaya, dan alam yang kaya. Mulai dari keberadaan keraton yang bagi masyarakat Yogyakarta sendiri memiliki kesakralan hingga saat ini, sedangkan keberadaan abdi dalem di keraton Yogyakarta, mungkin bagi masyarakat awam hanya akan menganggapnya “aneh” dan peran mereka hanyalah “pesuruh”. Tapi, tahukah kita bahwa apa yang kita bilang “aneh” justru sebenarnya sebuah hal yang berharga. Seorang abdi dalem bukanlah seorang “pesuruh” karena abdi dalem adalah salah satu aparatur sipil dan mereka bertugas melaksanakan operasional dalam organisasi yang dibentuk oleh Sultan. Selain itu, perlu diketahui bahwa para abdi dalem adalah sosok pilihan yang memang memiliki ketulusan, komitmen, keyakinan, dan juga loyalitas untuk menjaga kearifan lokal dan juga budaya yang dimiliki oleh bangsanya. Inilah inspirasi 60 tahun Astra yang juga dimiliki. Mereka mendedikasikan dirinya bukan demi materi duniawi, melainkan sebuah kesetiaan pada negara dan bangsa yang mereka miliki. Dan nyatanya kita tahu bahwa honor abdi dalem tidaklah berlimpah, namun kebahagiaan dan kepuasan lah yang lebih penting.
Astra Satu Indonesia
Sosok abdi dalem kini menjadi sebuah lambang kearifan lokal yang perlu dilestarikan. Lihat saja bagaimana pakaian yang dikenakan oleh seorang abdi dalem. Ada filosofi mengenai ketaatan dan keseimbangan yang mereka emban, mulai dari nilai religius yang mereka yakini, hingga adat dan budaya leluhur yang mereka jaga hingga saat ini. Abdi dalem mengenakan pakaian peranakan dengan atribut lengkapnya yang meliputi jarik, pakaian, blankon, dll. Selain itu, abdi dalem juga selalu menjaga tutur katanya yang senantiasa menggunakan bahasa Krama Inggil atau bahasa Jawa paling halus.
Abdi dalem tak lain adalah pengabdi dan agen pelestari kearifan lokal, budaya dan alam. Sama halnya dengan Inspirasi 60 Tahun Astra yang selalu setia menemani dan mengabdi untuk perkembangan Indonesia yang jauh lebih baik melalui produk-produk andalannya.
Inspirasi 60 tahun Astra, adalah sebuah inspirasi dan filosofi kearifan lokal seorang abdi dalem yang kiranya dapat membuat para generasi muda Indonesia dapat lebih menghargai dan menjaga budaya serta alam yang kita miliki agar tak hilang tergerus jaman dan tahun yang terus berlalu. Karena tak dipungkiri jika kita dapat menghargai budaya dan alam yang kita, lantas dapat menjaganya dengan baik. Maka kebaikan akan senantiasa berpihak pada kita.
Astra Satu Indonesia - Lomba Foto Astra
Dengan konsistensi dan loyalitas itu pula Astra melakukan beragam kegiatan pelestarian budaya dan alam bagi peningkatan sumber daya manusia nya melalui generasi muda di Indonesia. Karena tak bisa dipungkiri bahwa generasi muda lah yang akan menjadi pemegang tongkat estafet untuk melestarikan budaya dan alam Indonesia. Karena menjaga sebuah budaya dan kearifan lokal bahkan brand bukanlah suatu hal yang mudah. Perlu ketulusan, komitmen,keyakinan, serta loyalitas tinggi untuk melakukannya. Terlebih saat ini, saat kecenderungan masyarakat dan generasi muda lebih senang, bangga, dan nyaman menikmati budaya ala Barat, tentu saja menjaga kearifan lokal menjadi hal yang semakin tak mudah untuk kita lakukan.

Comments

  1. Nice artikel
    Mengajarkan bahwa abdi dalem adalah profesi yang mulia.
    Semangat gadispagi, dan sukses selalu astra.

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus, mengajarkan untuk tetap melestarikan budaya

    ReplyDelete
  3. Arti kesetiaan? Liat aja di KBBI hahaha

    ReplyDelete
  4. Menyambut Datangnya Tahun Baru Imlek 2019, Bolavita Sebagai Situs Permainan Keberuntungan Online Terpercaya Di indonesia Akan Mengadakan Event Bagi" Angpao Spesial Bagi Para Member Bolavita..

    Syarat Yang Berlaku, Mari Kunjungi www(.)bolavita(.)site >> Untuk Info Lebih Lanjut :) BBM : BOLAVITA
    WA : +628122222995

    ReplyDelete

Post a Comment