Wednesday 16 October 2024

11 Beasiswa Short Course Luar Negeridi Bidang Komunikasi dan Media



Beasiswa untuk short course di bidang komunikasi tersedia dari berbagai lembaga di seluruh dunia, baik dari institusi pendidikan, organisasi nirlaba, hingga pemerintah. Berikut beberapa opsi beasiswa yang bisa kamu pertimbangkan untuk bidang komunikasi:

1. Chevening Short Courses (UK)

Beasiswa Chevening menyediakan dana untuk mengikuti program kursus pendek di berbagai universitas dan institusi di Inggris. Kursus singkat ini mencakup berbagai topik, termasuk komunikasi. Selain pendidikan formal, Chevening juga memberi kesempatan bagi para penerima untuk memperluas jaringan global mereka.

2. DAAD Short Courses (Jerman)

DAAD (German Academic Exchange Service) menawarkan berbagai beasiswa untuk kursus singkat di Jerman. Meski lebih dikenal dengan program beasiswa penuh untuk gelar, DAAD juga menawarkan program untuk profesional muda di berbagai bidang, termasuk komunikasi dan media.

3. Erasmus+ Short Courses (Uni Eropa)

Program Erasmus+ menawarkan beasiswa untuk kursus pendek di berbagai universitas di negara-negara Uni Eropa. Kursus ini dapat mencakup bidang komunikasi dan media, terutama yang berkaitan dengan isu-isu sosial, budaya, dan teknologi informasi.

4. Asia-Europe Foundation (ASEF)

ASEF menawarkan berbagai program pelatihan dan kursus singkat, termasuk yang berfokus pada bidang komunikasi dan media. Beasiswa ini biasanya mencakup pelatihan lintas budaya dan komunikasi antar bangsa, yang diadakan di berbagai negara Asia dan Eropa.

5. The Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (Swedia)

The Swedish Institute (SI) menawarkan beasiswa untuk kursus singkat dan program pengembangan profesional, termasuk di bidang komunikasi. Beasiswa ini dirancang untuk membantu profesional dari negara-negara berkembang meningkatkan keterampilan mereka di Swedia.

6. Hubert H. Humphrey Fellowship Program (AS)

Program Hubert H. Humphrey menyediakan beasiswa untuk pelatihan dan kursus singkat di berbagai universitas di Amerika Serikat bagi para profesional di bidang komunikasi. Program ini dirancang untuk memberi pengalaman akademik dan profesional tanpa harus mendapatkan gelar.

7. Thomson Reuters Foundation Courses (Global)

Thomson Reuters Foundation menawarkan kursus singkat dan pelatihan untuk jurnalis dan profesional komunikasi di seluruh dunia. Program ini mencakup berbagai topik, termasuk jurnalisme investigatif, media digital, dan komunikasi krisis.

8. Asia Journalism Fellowship (Singapura)

Beasiswa ini ditujukan bagi jurnalis dan profesional media dari Asia untuk mengikuti kursus dan pelatihan singkat di bidang jurnalisme dan komunikasi di Singapura. Program ini memberikan pelatihan intensif tentang komunikasi dan media, sekaligus memperluas jaringan di antara profesional media Asia.

9. SEAMEO – Regional Centre for Education in Science and Mathematics (SEAMEO RECSAM)

SEAMEO menyediakan berbagai kursus dan pelatihan singkat di Asia Tenggara untuk profesional di bidang komunikasi, terutama yang berhubungan dengan pendidikan, media, dan komunikasi sains.

10. Asia-Pacific Institute for Broadcasting Development (AIBD)

AIBD menyediakan beasiswa dan kursus singkat untuk para profesional di industri komunikasi dan penyiaran di kawasan Asia-Pasifik. Program pelatihan ini berfokus pada perkembangan teknologi dan media baru.

11. Australia Awards Short Course (Australia)

Australia Awards menyediakan beasiswa untuk berbagai kursus singkat di universitas dan institusi di Australia. Program ini termasuk pelatihan dalam bidang komunikasi, media, dan teknologi informasi untuk profesional dari negara-negara berkembang.


Beasiswa untuk short course di bidang komunikasi tersedia dari berbagai organisasi internasional dan pemerintah. Program-program ini menawarkan peluang besar untuk meningkatkan keahlian dan memperluas jaringan profesional, baik di dalam maupun luar negeri. Sebelum mendaftar, pastikan untuk memeriksa persyaratan khusus dan waktu pendaftaran masing-masing program.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home